Pelatihan Teknik Hidroponik untuk Siswa SMA

Jurusan Teknik Pertanian mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di daerah Kota Bandar Lampung.  Tema yang diangkat pada pengabdian kali ini adalah Teknik Hidroponik untuk Siswa SMA.  Mengapa untuk siswa SMA?  Pertanyaannya ini muncul karena gejala menurunnya minat siswa SMA untuk melanjutkan studi di jurusan-jurusan pertanian telah menasional.  Hal ini tampak dari menurunnya jumlah pendaftar ke program-program studi di lingkungan fakultas pertanian di seluruh Indonesia, beberapa tahun terakhir.  Di beberapa universitas bahkan ada program studi yang tidak mendapatkan mahasiswa baru karena tidak ada yang mendaftar.  Gejala tersebut tidak boleh diarkan dan sebaliknya perlu ditanggapi secara serius karena situasi ini akan dapat mengakibatkan benjana di bidang pertanian.

Hal tersebut di atas telah menyentuh jiwa seluruh civitas akademik Jurusan Teknik Pertanian khususnya dan Fakultas Pertanian pada umumnya untuk memperkenalkan program-program kegiatan yang menarik dari fakultas pertanian kepada siswa-siswa SMA.  Oleh karena itu Tim Pengabdian dari jurusan Teknik Pertanian yang diketuai oleh Dr. Ir. Sugeng Triyono, M.Sc. dan beberapa anggota tim seperti: Prof Dr. Bustomi Rosadi, Ahmad Tusi, M.Si, dan Dr. Agus Haryanto (selaku Ketua Jurusan Teknik Pertanian).  Mengapa dengan mengenalkan Teknik hidroponik?  Teknik hidroponik diharapkan dapat menjadi daya tarik yang kuat terhadap siswa-siswa SMA jika disosialisasikan dengan baik.  Teknik hidroponik dapat dikemas dalam bentuk yang menawan sehingga siswa-siswa calon mahasiswa tertarik untuk mencobanya.  Jika minat untuk mencoba bercocok tanam tanpa tanah sudah mulai tumbuh, bukan tidak mungkin minat tersebut berkembang menjadi hobi yang  pada akhirnya, siswa akan merasa perlu untuk mendapatkan ilmu pertanian yang lebih mendalam.

 

Foto Pelatihan Hidroponik-2

Gambar 1. Pemaparan Materi oleh Dr. Sugeng Triyono,M.Sc.

 

Foto Pelatihan Hidroponik-3

Gambar 2. Workshop dipandu oleh Ahmad Tusi

 

Foto Pelatihan Hidroponik-4

Gambar 3. Para Peserta pelatihan langsung praktik

 

Foto Pelatihan Hidroponik-5

Gambar 4. Kunjungan Dekan Fakultas Pertanian (Prof. Dr. Ir. Wan Abbas Zakaria, M.S)

“Pelatihan teknik hidroponik bagi siwa SMA” telah dilakukan dengan hasil yang cukup baik.  Berdasarkan data hasil evaluasi, kesimpulan yang dapat diambil antara lain: pengetahuan siswa SMA tentang hidroponik secara umum meningkat dari 51.4% menjadi 63.2% “paham” dan 0.0% menjadi 31.6% “sangat paham”.  Pengetahuan tentang jenis-jenis hidroponik meningkat dari 5.7% menjadi 73.7% “paham”, dan dari 0.0% menjadi 10.5% “sangat paham”.  Tentang cara kerja hidroponik, pengetahuan mereka meningkat dari 14.3% menjadi 78.9% “paham” dan dari 0.0% menjadi 5.3% “sangat paham”.  Tentang pupuk hidroponik, pengetahuan mereka juga meningkat dari 2.9% menjadi 68.4% “paham, dan dari 0.0% menjadi 5.3% “sangat paham”.  Yang terakhir, terhadap jenis-jenis media tanam, pengetahuan mereka juga meningkat dari 38.2% menjadi 68.4% “paham”, dan 2.9% menjadi 21.1% “sangat paham”. [2C]

Design Downloaded from free wordpress themes | free website templates | Free Web Icons.